Prak 1 – Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional

1.Tujuan

untuk menyelesaikan praktikum mata kuliah animasi 2D dan mengenal tampilan adobe Flash

 2.Dasar Teori

 Flash adalah software yang memiliki kemampuan menggambar sekaligus menganimasikannya, serta mudah dipelajari (M. Amrullah Akbar et al, 2008). Flash tidak hanya digunakan dalam pembuatan animasi, tetapi pada zaman sekarang ini flash juga banyak digunakan untuk keperluan lainnya seperti dalam pembuatan game, presentasi, membangun web, animasi pembelajaran, bahkan juga dalam pembuatan film.

 Animasi yang dihasilkan flash adalah animasi berupa file movie. Movie yang dihasilkan dapat berupa grafik atau teks. Grafik yang dimaksud disini adalah grafik yang berbasis vektor, sehingga saat diakses melalui internet, animasi akan ditampilkan lebih cepat dan terlihat halus. Selain itu flash juga memiliki kemampuan untuk mengimpor file suara, video maupun file gambar dari aplikasi lain.

3.Tugas Praktikum

Identifikasi masing-masing bagian user interface berikut
                                                Tampilan Adobe Flash Professional CS5.5

4.Hasil Praktikum


Keterangan :
1. File tab
pada tab ini berisi nama file-file yang sedang dibuka
2. Workspace Switcher
tombol menu untuk mengganti layout tampilan flash sesuai dengan jenis pekerjaan diantaranya workspace untuk animator, designer, developer, dan lain sebagainya.
 3. Scene, Symbol, Zoom
-scene : merupakan tempat berbagai kejadian di dalam stage
-symbol : management symbol
 -zoom : merupakan option dimana kita mengatur besar kecilnya stage/area kerja kita
4. Tab switcher
untuk panel adalah tab switcher untuk mengganti panel yang aktif antara panel properties dan panel library
5. Stage
adalah area untuk menempatkan materi animasi, seperti objek gambar, video, teks, maupun tombol.
6. Tool Pallete
adalah kumpulan panel-panel yang berbentuk pallete
7. Properties Panel
adalah panel yang berisi properties dari obyek yang terakhir kali di-click
8. Toolbox
adalah beragam piranti untuk menyeleksi, menggambar, memberi warna, memodifikasi objek hingga mengatur ukuran tampilan stage.
9. Timeline
adalah panel untuk mengatur dan mengontrol jalannya animasi timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.

5. Kesimpulan

Alhamdulillah melalui tugas ini saya bisa kenal lebih dekat lagi dengan flash.

6. Referensi 

moh hasbi assidiqi, http://www.mohhasbias.com/
Randhy Ilhamzah http://www.academia.edu/9670596/Modul_Adobe_Flash_CS.5_A._Mengenal_Tools_Pengolah_Multimedia_Adobe_Flash_CS5 
http://sinauflash.blogspot.co.id/2009/04/area-bekerja-flash.html

Posting Komentar