Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves
1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa
ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada
praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
- hasil
praktikum sebelumnya
- asset
sekunder download
4. Dasar Teori
- fungsi secondary Assets: Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru
- fungsi F-Curves :F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
3. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya,
lakukan hal berikut:
- Tambahkan
secondary Assets
- Tambahkan
kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
- Haluskan
gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk
menyelesaikan tugas praktikum
- Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
3. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
kesimpulan praktikum kali ini adalah pertama saya banyak mengalami kendala dan kesulitan. Kesulitan yang saya alami saat mengerjakan helix dan cloner,yaitu mengatur perputaran secondary asset ,dan saya rasa pergerakan kamera kurang sesuai dengan yang saya inginkan,tetapi saya tidak mengetahui cara untuk mengaturnya
kesimpulan praktikum kali ini adalah pertama saya banyak mengalami kendala dan kesulitan. Kesulitan yang saya alami saat mengerjakan helix dan cloner,yaitu mengatur perputaran secondary asset ,dan saya rasa pergerakan kamera kurang sesuai dengan yang saya inginkan,tetapi saya tidak mengetahui cara untuk mengaturnya
8. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
Posting Komentar