Prak 07 – Membuat Aset Utama
1. Tujuan
Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
Implicit Surfaces atau yang sering disebut dengan NURBS Modeling yang
merupakan teknik pemodelan yang menggunakan perhitungan matematika. Biasanya
menggunakan curve. NURBS Curves
diciptakan dengan alat yang bekerja sangat mirip dengan pen tool di MS cat atau
Adobe Illustrator. Kurva digambar dalam ruang 3D, dan diedit dengan
menggerakkan serangkaian yang disebut CV (kontrol simpul).
Cara kerja Sweep di Cinema 4D
Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah
spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS
menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan
menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain
untuk menentukan panjang dan kurva.
Bump map pada material
setting
Bump map merupakan
gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah
adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.NURBS adalah teknik pemodelan yang digunakan paling banyak untuk
pemodelan otomotif dan industri. Berbeda dengan geometri poligonal, kotak NURBS
tidak memiliki wajah, tepi, atau simpul. Sebaliknya, NURBS model terdiri dari
permukaan dibuat oleh permukaan halus.
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
- Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
- Membuat material yang bersifat Glossy
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
pada praktikum kali ini saya
Posting Komentar